Sambut Ramadan dengan Data untuk Meraih Kemenangan – Bagian 2

Reading Time: 2 minutes

Faktor Pertama, 69% orang mengatakan bakal jauh lebih seru shopping experience. Ini termasuk event-event campaign seperti terlihat di data berikut ini:

Ramadan di Indonesia kontribusi 16% berasal dari retail sales tahunan. Sedangkan negara lainnya di wilayah MENA yang merepresentasikan 20 negara tetangga kita, kalau semuanya digabungkan saja hanya mencapai angka 66 miliar dolar. Negara Indonesia bisa mencapai di angka 70 miliar dollar. 

Oleh karena momen ini hanya terjadi sekali dalam setahun, maka amat disayangkan jika para business owner, pedagang, bahkan para konsumen jika sampai melewatkan momentum ini.

Karena survey konsumen juga menunjukkan 80% dari mereka setuju bahwa momen Ramadan adalah ajang belanja paling besar di seluruh tahun. Konsumen jauh lebih signifikan di bulan Ramadan daripada tanggal kembaran. Tapi tahun 2024 yang menjadi pro dan kontra dari great shopping season itu masalah acquiring customer atau cara mendapatkan customer.

Bisnis-bisnis tentunya berusaha mendapatkan customer. Pro-nya adalah kalau pelaku bisnis-bisnis yang tujuannya mendapatkan customer baru, this is the time (inilah waktunya). Sedangkan Kontra-nya adalah bisnis-bisnis yang sudah punya customer lama biasanya ini momen-momen mereka (para customer) selingkuh atau seperti berkhianat dengan brand yang biasanya mereka loyal

Jika di tahun 2024 tujuannya adalah untuk mendapatkan customer baru, ada istilah namanya sense of discovery yaitu perasaan ingin explore atau cari barang/jasa baru, dan di bulan Ramadan customer biasanya lebih open (terbuka).

Hampir 90% customer terbuka untuk mencoba brand baru di bulan Ramadan, minimal membeli satu brand baru yang mereka tidak pernah pakai dan mayoritas didorong karena kebetulan brand baru ini lagi ada promo. Pada saat barrier lagi turun di situlah orang-orang kebanyakan selingkuh.

Untuk para pebisnis, jika beberapa brand-nya sudah mempunya customer yang loyal, jangan hanya fokus mencari customer baru saja. Namun harus diingat juga untuk melakukan engage dengan customer lama, karena jika tidak melakukannya di momen ini kemungkinan bisa terjadi kehilangan customer lama.

…………Bersambung ke Bagian 3…………

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...
Suparjo
Suparjo
Data Science Enthusiasm, Founder of KEBUN (Kelas Edukasi Berbagi Untuk Negeri), Independent English Teacher.
Facebook Comment

Terbaru

Rekomendasi