Menggunakan Metode Nemawashi untuk membangun consensus

Reading Time: 2 minutes

Bayangkan jika Anda ditugaskan untuk membuat presentasi suatu proyek inisiatif yang akan membawa perubahan lintas departemen, dan Anda hanya memiliki waktu tiga minggu saja untuk mempresentasikan hasilnya di forum besar yang akan dihadiri oleh stakeholder yang beragam? Untuk memastikan presentasi berjalan dengan lancar dan angka resistensi bisa ditekan, mungkin Anda perlu mengenal satu metode yang bernama Nemawashi.

Nemawashi (根回し), berdasarkan publikasi dari Toyota, “English: Laying the groundwork or foundation; building consensus): The first step in the decision-making process. It is the sharing of information about the decisions that will be made, in order to involve all employees in the process. During Nemawashi, a company seeks the opinion of employees about decisions.” [2] Kultur bisnis di Jepang praktik nemawashi sangat lazim digunakan; staf perlu memperlihatkan proposal perubahan kepada atasan sebelum meeting official dengan tujuan untuk menampung feedback.

agilenesia - Menggunakan Metode Nemawashi untuk membangun consensus Fig 1

Fig 1. Nemawashi Illustration [3]

Strategi penerapan Nemawashi sangat bergantung kepada seberapa banyak stakeholder yang terdampak terhadap project. Pada awalnya, Anda perlu menyiapkan ide materi presentasi secara umum, lalu jadwalkan meeting dengan target internal team dengan tujuan untuk menangkap feedback dari internal team, lalu iterasikan feedback tersebut terhadap materi presentasi. [1]

Minggu ke-2 dari hasil analisa stakeholder, kita pilih kelompok stakeholder lintas departemen yang merupakan opinion dealer atau yang opininya paling didengarkan. Jadwalkan meeting ke masing-masing stakeholder. Satu persatu lebih baik, lalu tangkap feedback dari mereka dan diskusikan concern yang mereka punya terhadap project yang Anda inisiasi.

Minggu ke-3, saatnya menjadwalkan meeting ke tiap stakeholder dengan posisi lead, project manager, dan decision maker. Ini diperlukan karena project ini akan berdampak terhadap lintas departemen; ini bisa menjadi momen yang tepat karena tiap departemen memiliki concern yang berbeda-beda.

Feedback dari minggu 1, 2, dan 3 di iterasikan menjadi basis file presentasi final. Keuntungan yang dirasakan dari metode Nemawashi adalah meningkatnya tingkat dukungan dari berbagai pihak. Dan ketika presentasi final, stakeholder yang sebelumnya sudah kita ajak meeting malah bisa menjadi backup ketika ada pertanyaan dan memvalidasi poin-poin yang Anda presentasikan, sehingga tujuan untuk membangun consensus dapat tercapai.

 

Referensi

 

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...
Hafidz Wibby Rhamadhan
Hafidz Wibby Rhamadhan
Project manager, Agile Enthusiast, Alumni of AGH University of science and technology Krakow, Poland
Facebook Comment

Terbaru

Rekomendasi