Sambut Ramadan dengan Data untuk Meraih Kemenangan – Bagian 6

Reading Time: 2 minutes

Chapter 3 – How To Win Ramadan

Sebenarnya, langkah pertama adalah memahami lanskapnya terlebih dahulu. Jika Anda memahami perilaku konsumen (consumer behaviour) dan mengetahui produk mana yang akan diminati, pertanyaannya adalah bagaimana kita dapat memanfaatkan hal tersebut?

 

Faktor utama adalah timing, karena seberapa hebat pun strategi pemasaran kita, jika tidak mengikuti arus perilaku konsumen, itu tidak akan berhasil. Jika tidak memahami timing, sulit untuk bersaing, karena banyak merek (brand) yang bersaing untuk mendapatkan perhatian di bulan-bulan ini, tergantung pada sektor bisnis masing-masing.

Berdasarkan riset-riset tahun-tahun sebelumnya, ada minggu-minggu tertentu di mana Anda sebenarnya memiliki kesempatan untuk bersinar, yaitu ketika konsumen cenderung lebih mungkin membeli setelah melihat iklan bisnis Anda. Lihatlah grafik berikut ini!

Produk-produk yang masuk dalam kategori groceries masuk pada waktu sebelum Ramadan. Kemudian fashion masuk pada minggu kedua dan ketiga. Produk elektronik masuk pada minggu kedua, dan minggu ketiga untuk produk Skin Care dan sejenisnya. Semua ini harus disiapkan sejak awal. Pengaturan untuk mobil (automobiles), rumah (real estate), juga harus dilakukan sebelumnya. Yang menariknya, tidak banyak orang yang menggunakan data ini untuk membuat strategi pemasaran yang lebih efisien.

Kita fokus dulu pada right timing. Sebagian besar konsumen, lebih tepatnya sekitar 80%, sudah mulai memikirkan apa yang akan mereka beli 5 hingga 10 hari sebelumnya. Jadi, jika bisnis Anda berharap bahwa mereka akan membeli produk Anda pada minggu pertama bulan Ramadan, itu strategi yang salah. Sebaliknya, Anda seharusnya mulai menyisipkan iklan atau materi kreatif 5 hingga 10 hari sebelum mereka berencana untuk membeli produk Anda. Berikan waktu kepada mereka untuk mempertimbangkan (consider). Barulah pada minggu-minggu tertentu, pada puncak transaksi, Anda dapat meluncurkan iklan yang memiliki tujuan konversi, yang bersifat menarik perhatian, seperti promosi dan diskon. Tapi jika timing-nya sudah benar dan telah disiapkan dari jauh hari, maka pertanyaan kedua adalah the right place. Media apa yang mereka cari pada bulan Ramadan? Jika Anda sudah memikirkan saluran online, itu sudah menjadi langkah yang sangat tepat.

…………Bersambung ke Bagian 7…………

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...
Suparjo
Suparjo
Data Science Enthusiasm, Founder of KEBUN (Kelas Edukasi Berbagi Untuk Negeri), Independent English Teacher.
Facebook Comment

Terbaru

Rekomendasi