Buatlah Branding Anda dengan Unik

Dalam beberapa pekan terakhir, lonjakan pandemi Covid19 terlihat naik kembali. Apa yang perlu kita persiapkan di tengah kondisi saat ini? Selain menjaga protokol kesehatan dengan ketat, kita diharapkan dapat menggunakan media sosial dengan bijak. Mengapa hal ini penting? Karena di tengah ketidakpastian, kita dapat saja mengalami cut off dari pekerjaan tanpa mendapatkan pekerjaan secara langsung. Atau justru disaat ketidakpastian ini, kita mendapatkan offering letter dari perusahaan yang lebih baik dari segala aspek. Hal ini merupakan sebuah kesempatan yang hanya datang satu kali, dan perlu dipersiapkan dengan matang.

Untuk menjaga asa bahwa kita dibutuhkan dan diperhatikan oleh tim Human Resource atau Talent Hunter perusahaan lain maka kita harus mempersiapkan image atau branding kita. Karena dengan memberikan branding yang baik akan memudahkan pihak perusahaan untuk melakukan profiling ke akun sosial pribadi kita sebagai calon pekerja baru. Berdasarkan pengamatan penulis pada beberapa media sosial profesional dalam bidang portal lapangan pekerjaan, ada beberapa tips dan trik yang bisa kita lakukan agar profil kita bisa diperhatikan dan dikunjungi oleh para profesional lainnya. Adapun tips dan trik tersebut sebagai berikut:

  1. Berikan informasi jelas pada profil

Berikan informasi pada profil media sosial kita dengan jelas, terkait pengalaman kerja yang kita miliki dan apa yang menjadi tugas pokok dan fungsi (tupoksi) jabatan kita tersebut. Kemudian bisa berikan pencapaian atau prestasi apa yang pernah kita capai saat bekerja dari perusahaan sebelumnya. Dengan begitu akan membuat HR atau talent hunter akan memiliki rasa ingin tahu atau menggali informasi terkait capaian tersebut.

  1. Posting informasi sesuai keahlian jabatan

Selain memberikan informasi pada profil yang jelas, kita juga perlu menjadi seseorang yang aktif memposting artikel atau berbagi pengalaman terkait keahlian atau jabatan yang kita kuasai saat ini. Dengan kita berbagi informasi dan pengalaman maka akan memperluas koneksi pertemanan ke para profesional lainnya untuk dapat saling memberikan pandangan dari sisi yang berbeda.

  1. Gunakan kata kunci pada profil

Tips selanjutnya yang tidak kalah penting adalah gunakan kata kunci pada profil kita agar para penyedia pekerjaan atau Talent Hunter bisa mendapatkan informasi kita pada saat melakukan pencarian pada aplikasi portal pekerjaan. Kata kunci ini bisa berupa keahlian yang kita kuasai, kata kunci yang unik atau nama jabatan kita saat ini yang secara otomatis akan memberikan nilai tambah bagi kita saat dilakukan pencarian.

  1. Merekomendasikan rekan kerja dan sebaliknya

Selain aktif memposting, kita juga bisa melakukan posting komentar atau memberikan rekomendasi terhadap rekan kerja kita. Baik rekan kerja pada perusahaan sebelumnya ataupun rekan kerja pada perusahaan yang saat ini. Dengan memberikan rekomendasi, kita bisa memberikan informasi kepada profesional lain terkait kapabilitas rekan kerja kita. Begitu juga sebaliknya, jika kita mendapatkan rekomendasi dari rekan kerja kita sebelumnya kita bisa memberikan hal yang sama.

  1. Bijak dalam bersosial media

Dan yang terakhir, kita sebagai seorang pekerja yang profesional perlu bijak dalam bersosial media. Baik itu pada sosial media pribadi atau sosial media lainnya milik perusahaan atau rekan kerja. Hal ini tentu akan memberikan nilai tambah kepada kita jika suatu saat profil kita dilakukan pencarian oleh tim HR atau Talent Hunter tidak ditemukan hal-hal aneh seperti menghujat pemerintah, atau menghujat rekan kerja atau menghujat perusahaan sebelumnya karena kecewa pada satu dan lain hal. Hal ini akan berdampak buruk kepada kita khususnya dan kepada rekan kerja/perusahaan pada umumnya.

 

Lesson Learned

Berdasarkan pengalaman penulis memantau dan memperhatikan disalah satu platform sosial media profesional banyak yang memanfaatkan dengan baik dan memiliki branding yang positif. Dengan kita memperhatikan atau membangun branding dengan unik, maka kita dapat menjadi salah satu orang yang beruntung di kemudian hari. Karena orang lain akan senang membaca atau melihat postingan kita karena berisi informasi yang jelas, informasi yang relevan dengan bidang pekerjaan yang kita kuasai. Harapannya adalah kita bisa membawa image baik untuk perusahaan pada umumnya dan juga membuat diri kita memiliki branding yang unik agar bisa diperhatikan baik oleh rekan kerja, maupun oleh para profesional lainnya. Ada yang sependapat dengan saya? Saya tunggu di kolom komentar ya!!! Terima kasih.

Referensi

  1. https://www.coursera.org/learn/project-management-foundations/supplement/w1GxQ/using-buzzwords-in-your-job-search
  2. https://medium.com/kulina/tips-membangun-personal-branding-a64d4aa04891
Miswanto
Agile - Product Enthusiast, Product Manager, Member of Agilenesia. Alumni of Universitas Nusa Mandiri Jakarta
Facebook Comment

Terbaru