Dalam tulisan ini akan membahas tentang bagaimana perubahan kecil dalam berbagai aspek kehidupan dapat memiliki dampak besar dan signifikan dalam jangka panjang. Perubahan kecil dapat menciptakan perubahan besar. Pemikiran utamanya yaitu bahwa seringkali kita terlalu fokus pada perubahan besar dan dramatis sebagai satu-satunya cara untuk mencapai hasil yang signifikan, padahal perubahan kecil dan berkelanjutan dapat memberikan hasil yang lebih baik.
Perubahan kecil yang dilakukan secara konsisten dan berkelanjutan juga dapat memiliki dampak yang besar dalam jangka panjang. Dengan melakukan perubahan kecil dalam berbagai aspek, baik dalam bisnis, pendidikan, kesehatan, atau kehidupan pribadi, kita dapat mencapai hasil yang lebih baik dan berarti.
Beberapa konsep utama yang akan menggambarkan pentingnya perubahan kecil dalam menciptakan perubahan positif jangka panjang, meliputi :
- The Butterfly Effect : Konsep ini menyatakan bahwa tindakan kecil di satu area dapat menyebabkan konsekuensi besar di tempat lain. Dalam konteks perubahan, perbuatan kecil dapat berdampak luas dan membawa perubahan besar dalam jangka panjang. Perbuatan kecil kita dapat memiliki efek gelombang yang lebih besar daripada yang kita perkirakan. Oleh karena itu, kita harus memperhatikan tindakan-tindakan sederhana kita karena mereka dapat membawa dampak yang tak terduga.
- Kaizen : Merupakan filosofi Jepang yang mengedepankan perbaikan berkelanjutan dalam proses dan praktik bisnis. Dengan melakukan perubahan kecil secara konsisten, bisnis dapat mencapai efisiensi yang lebih besar dan meningkatkan kualitas produk atau layanan. Dengan menerapkan Kaizen, organisasi dapat menciptakan perubahan kecil yang terus-menerus dan meningkatkan kualitas serta efisiensi secara bertahap.
- Compound Effect : Perubahan kecil yang dilakukan secara terus-menerus dapat menghasilkan akumulasi yang besar seiring waktu. Hal ini berarti bahwa tindakan-tindakan kecil kita sehari-hari dapat berdampak besar dalam pencapaian tujuan jangka panjang.
- Peran dari kepercayaan dan kolaborasi. Di sini kita perlu melihat pentingnya kepercayaan dan kolaborasi dalam menciptakan perubahan kecil yang berarti. Ketika orang-orang bekerja sama dan percaya satu sama lain, mereka lebih mungkin untuk menciptakan perubahan yang positif dan berhasil.
Di era big data, banyak perusahaan terobsesi dengan metrik. Jika tidak ada angka, jika sesuatu tidak dapat diukur, lalu bagaimana seseorang dapat mengetahui tindakan apa yang harus diambil? Ambil hubungan, misalnya. Bisakah Anda mengukur hubungan yang Anda miliki dengan keluarga atau orang yang Anda cintai, dengan teman-teman Anda? Mungkin tidak, dan, seperti yang mungkin Anda ketahui, bisnis penuh dengan hubungan yang dapat memberikan hasil luar biasa jika berjalan dengan baik. Jadi, mari kita lihat bagaimana hubungan antar pribadi ini bekerja dan apa yang dapat dilakukan perusahaan untuk mencapai kesuksesan melalui perubahan kecil.
Beyond Measure mengajak untuk melampaui kecenderungan kita hanya fokus pada pengukuran kuantitatif untuk mengevaluasi kesuksesan. Beberapa perubahan kecil yang memiliki dampak besar mungkin tidak selalu terlihat secara langsung dalam angka, tetapi mereka dapat membawa perubahan positif yang lebih dalam dan berkelanjutan.
Beyond Measure menghadirkan sejumlah ide kunci yang mendorong kita untuk mengubah cara pandang tentang perubahan dan potensi dampak yang dimiliki oleh perubahan kecil dalam berbagai aspek kehidupan. Berikut adalah beberapa key ideas :
- Key Idea #1: Konflik kreatif dalam perusahaan dapat dipelajari melalui praktik dan struktur pendukung.
Ketika Anda sedang duduk dalam rapat bisnis, seseorang mengusulkan keputusan bisnis yang tidak Anda setujui. Oleh karena Anda tidak ingin terlihat bermusuhan, Anda menahan diri untuk berdebat. Tetapi menghindari perdebatan tidak pernah membantu, dan ada beberapa cara agar perusahaan Anda dapat mengubah kebiasaan yang tidak produktif ini.
Kuncinya adalah konflik kreatif, keterampilan, seperti yang lainnya, dapat dipelajari melalui latihan. Dengan adanya konflik kreatif muncul keinginan untuk tidak setuju dan menantang konsensus umum sehingga ide-ide baru dan kreatif dapat dikembangkan. Tetapi yang tidak diketahui banyak orang adalah bahwa ada bakat untuk ketidaksepakatan yang produktif.
Brooke Deterline adalah spesialis konflik yang konstruktif, dan dia selalu kagum dengan bagaimana kliennya berasumsi bahwa mereka dapat mengelola diskusi kelompok secara produktif pada upaya pertama mereka. Ini sangat mengejutkan karena orang menyadari bahwa keterampilan lain, seperti belajar bahasa, alat musik, atau berbicara di depan umum, membutuhkan waktu dan latihan.
Dalam hal konflik kreatif dan kemampuan untuk mengekspresikan pendapat Anda secara efektif dalam menghadapi konflik secara langsung, praktiklah yang membuat sempurna. Hal yang perlu disadari orang adalah bahwa mereka harus mempersiapkan diri dan mendapatkan sekutu yang mendukung sebelum mengambil figur otoritas di tempat kerja.
Brooke Deterline melatih salah satu kliennya, Luke, melalui proses ini ketika dia harus menghadapi bosnya yang agresif saat menegosiasikan kontrak. Langkah pertama adalah mensimulasikan bagaimana situasi akan terjadi; mereka mempertimbangkan bagaimana bosnya akan bereaksi terhadap pernyataan yang berbeda dan menyusun reaksi balasan yang sesuai untuk Luke.
Kemudian, Luke menghubungi rekan-rekannya di dalam perusahaan untuk meminta nasihat dan dukungan. Ini memungkinkan dia untuk memperkuat posisinya lebih jauh sehingga dia dapat terlibat dengan bosnya dalam percakapan yang produktif. Jadi, pada saat Luke benar-benar bernegosiasi dengan bosnya, dia sudah percaya diri. Dia tahu apa yang perlu dikatakan dan bagaimana bereaksi dengan tepat terhadap apa pun yang dilontarkan bos temperamentalnya.
- Key Idea #2: Modal sosial merupakan prasyarat untuk konflik konstruktif dan dapat dibangun melalui tindakan kecil.
Pernahkah Anda menjadi bagian dari proyek atau kelompok di mana setiap orang yang terlibat tidak mengenal satu sama lain? Jika sudah, Anda mungkin memperhatikan bahwa diskusi kebanyakan tidak produktif, karena semua orang ragu-ragu dan gugup satu sama lain. Untuk mengatasi situasi seperti ini, dan memungkinkan terjadinya konflik yang konstruktif, penting untuk membangun modal sosial di dalam perusahaan Anda.
Konsep modal sosial bukanlah hal baru. Antropolog yang mempelajari komunitas awal menciptakan istilah tersebut untuk menjelaskan mengapa suku-suku tertentu berkembang dan berhasil – itulah yang dirasakan oleh orang-orang dalam komunitas ketika mereka dapat mengandalkan dan bergantung satu sama lain untuk membantu, dan itu tetap menjadi alat kelangsungan hidup yang hebat bagi perusahaan saat ini. Dan Anda akan menemukan bahwa ketika menggabungkan konflik kreatif dengan modal sosial, maka perusahaan akan memasuki siklus kemakmuran.
Hal ini terjadi ketika orang terlibat dalam konflik kreatif. Pengalaman memungkinkan rekan kerja untuk terikat satu sama lain dan meningkatkan hubungan mereka. Secara alami, ini menciptakan lebih banyak modal sosial di dalam perusahaan, yang pada gilirannya membangun lebih banyak kepercayaan sehingga orang merasa lebih percaya diri untuk terlibat dalam konflik kreatif di masa depan.
Tetapi konflik kreatif bukanlah satu-satunya cara untuk membangun modal sosial. Satu perusahaan menggunakan jenis kreativitas yang berbeda untuk membantu meningkatkan upaya kolaboratif antar departemen. CEO meluncurkan proyek seluruh perusahaan di mana setiap departemen ditugasi membuat film pendek yang menyoroti pekerjaan departemen yang berbeda. Mereka tidak diharapkan membuat film pemenang Oscar, juga tidak harus: orang hanya perlu mengambil tindakan kecil untuk membangun modal sosial.
Dan proyek itu bekerja dengan sempurna. Seluruh perusahaan berkumpul di bioskop untuk menonton hasilnya, dan film-film tersebut tidak hanya menjadi kreatif dan orisinal tetapi juga membuat anggota perusahaan yang sebelumnya tidak kooperatif berbicara dan terikat satu sama lain.
… bersambung ke Bagian 2 …