- Kejar perilaku yang terjadi dan bereksperimen tanpa henti
Perilaku yang terjadi adalah apa yang sebenarnya terjadi pada suatu waktu dan tempat, bukan perilaku yang potensial atau diperkirakan. Masalah yang kompleks tidak mudah mengungkap rahasianya. Namun hal ini tidak boleh menghalangi para pemecah masalah untuk mengeksplorasi apakah bukti pada berbagai aspek solusi dapat diamati, atau menjalankan eksperimen untuk menguji hipotesis.
Jangan jadikan kekurangan data eksternal sebagai hambatan – hal ini mungkin merupakan anugerah, karena data yang dapat dibeli hampir selalu berasal dari cara konvensional untuk memenuhi kebutuhan, dan juga tersedia bagi pesaing Anda. Eksperimen Anda sendiri memungkinkan untuk menghasilkan data Anda sendiri; hal ini memberi Anda wawasan yang tidak dimiliki orang lain. Jika eksperimen tersebut sulit (atau tidak etis), carilah “eksperimen alami” yang disediakan oleh kebijakan berbeda di lokasi serupa.
- Memanfaatkan kecerdasan kolektif dan kebijaksanaan orang banyak
Chris Bradley, salah satu penulis Strategy Beyond the Hockey Stick, mengamati bahwa “adalah suatu kesalahan jika berpikir bahwa dalam tim Anda terdapat orang-orang terpintar di dalam tim. Mereka tidak ada di sana. Mereka selalu berada di tempat lain”. Mereka juga tidak perlu berada di sana jika Anda dapat mengakses intelijen mereka melalui cara lain di dunia yang terus berubah dimana kondisi dapat berubah secara tidak terduga.
Lakukanlah pemecahan masalah dengan metode crowdsourcing atau yang lebih dikenal dengan cara lain: benchmarking. Ketika Sir Rod Carnegie menjabat CEO Conzinc Riotinto Australia (CRA), dia khawatir dengan biaya penghentian yang tidak terjadwal pada truk-truk besar, terutama truk-truk besar yang memerlukan penggantian ban. Dia bertanya kepada tim manajemennya siapa yang terbaik di dunia dalam mengganti ban; jawaban mereka adalah Formula Satu, kompetisi balap mobil. Tentu saja, meskipun crowdsourcing dapat berguna ketika pemikiran konvensional menghasilkan solusi yang terlalu mahal atau tidak lengkap untuk tantangan yang ada, hal ini memiliki keterbatasan. Crowdsourcing yang baik membutuhkan waktu untuk disiapkan, bisa mahal, dan mungkin memberi sinyal kepada pesaing tentang apa yang sedang Anda lakukan. Waspadai dampak tersembunyi, seperti membocorkan informasi secara tidak sengaja dan harus menyaring sejumlah besar saran yang tidak relevan untuk menemukan solusi terbaik.
Terimalah bahwa tidak apa-apa untuk memanfaatkan beragam pengalaman dan keahlian selain pengalaman sendiri. Mulailah dengan sesi curah pendapat yang melibatkan orang-orang dari luar tim. Cobalah kompetisi crowdsourcing yang lebih luas untuk menghasilkan ide. Atau ajaklah para pakar pembelajaran mendalami untuk melihat wawasan apa yang ada dalam data Anda yang belum terungkap oleh pendekatan konvensional. Semakin luas lingkaran informasi yang Anda akses, semakin besar kemungkinan solusi bersifat baru dan kreatif.
Namun, dalam menghadapi perubahan teknologi yang mengganggu, organisasi harus memperluas cakupannya dan melibatkan individu dengan beragam keterampilan dan perspektif, bahkan dari luar industri mereka. Pola pikir kecerdasan kolektif, mirip dengan pola pikir mata capung, mendorong pencarian solusi inovatif dari berbagai sumber di luar organisasi.
- Tunjukkan dan perintahkan untuk mendorong tindakan
Pola pikir “tunjukkan dan ceritakan” adalah pendekatan yang ampuh untuk memecahkan masalah. Conn dan McLean mengaitkannya dengan aktivitas Sekolah Dasar di mana individu mempresentasikan dan menjelaskan sesuatu kepada peserta. Dan meskipun secara tradisional tidak dianggap sebagai teknik pemecahan masalah, ini merupakan aspek penting dari pemikiran kreatif.
Memulai daftar pola pikir dengan merujuk pada anak-anak, dan sekarang kembali ke anak-anak, dengan “tunjukkan dan ceritakan.” Seperti yang pasti Anda ingat – saat masih sangat penasaran – tunjukkan dan ceritakan adalah kegiatan Sekolah Dasar. Ini biasanya tidak dikaitkan dengan pemecahan masalah, tapi mungkin menarik minat Anda. Faktanya, pendekatan ini sangat penting untuk pemecahan masalah. Tunjukkan dan ceritakan adalah bagaimana Anda menghubungkan peserta dengan masalahnya dan kemudian menggunakan kombinasi logika dan persuasi untuk mengambil tindakan.
Pemecah masalah pemula menunjukkan proses analitik dan matematika mereka untuk meyakinkan Anda bahwa mereka pintar. Kadang-kadang hal ini disebut parade pengetahuan yang mencemaskan. Namun pemecah masalah yang berpengalaman menunjukkan hal yang berbeda. Pemecahan masalah yang paling elegan adalah pemecahan masalah yang jelas.
Untuk menjadi lebih baik dalam menunjukkan dan menceritakan, mulailah dengan memperjelas tindakan yang harus diambil dari pemecahan masalah dan temuan Anda – gagasan yang mendasari perubahan. Kemudian temukan cara untuk menyajikan logika Anda secara visual sehingga jalan menuju jawaban dapat diperdebatkan dan diterima. Sampaikan argumen secara emosional dan logis, dan tunjukkan mengapa tindakan yang dipilih menawarkan keseimbangan yang menarik antara risiko dan imbalan. Tapi jangan berhenti di situ. Jelaskan risiko jika tidak mengambil tindakan, yang seringkali memiliki dampak lebih besar dibandingkan tindakan yang tidak sempurna.
Kelebihan informasi dan manipulasi data saat ini telah menyebabkan kebingungan dan sinisme. Pemecah masalah pemula mungkin terpaksa menampilkan proses analitis mereka, sementara yang berpengalaman, seperti dicatat Herb Simon, membuat solusi transparan. Mereka menekankan bahwa pemecah masalah yang hebat adalah pendongeng mahir yang menyampaikan temuan melalui tindakan yang jelas dan logika yang disajikan secara visual. Menyadari bahwa manusia adalah pembelajar visual, mereka menggunakan alat bantu visual untuk membuat jalan menuju solusi menjadi nyata, dapat dipahami, dan menarik.
Kesimpulan :
- Enam pola pikir untuk memecahkan masalah dalam ketidakpastian adalah panduan berharga bagi siapa pun yang menghadapi tantangan kompleks di dunia yang berubah dengan cepat saat ini. Dengan menerapkan pola pikir ini, kita dapat menerima ketidakpastian, berpikir lebih kreatif dan kolaboratif, serta menemukan solusi inovatif.
- Bias alamiah manusia dalam pengambilan keputusan sering kali menyebabkan kita menutup serangkaian solusi terlalu dini. Solusi yang lebih baik dan lebih kreatif bisa muncul dari rasa ingin tahu terhadap jawaban potensial yang lebih beragam. Keingintahuan adalah mesin kreativitas.
- Keingintahuan sangat penting untuk pemecahan masalah yang efektif di saat ketidakpastian, dan mempertahankan rasa ingin tahu, daripada mencari kepastian yang kaku, sangat penting untuk berhasil menavigasi perubahan yang cepat.
- Seringkali, sebuah rahasia terbuka dengan sendirinya hanya ketika seseorang melihat suatu masalah dari berbagai sudut pandang, termasuk beberapa sudut pandang yang awalnya tampak ortogonal.
Referensi :
[1] Bradley, Chris, and Martin Hirt, Swen Smit, 2018, Strategy Beyond the Hockey Stick, John Wiley & Sons, Inc., New Jersey.
[2] Davies, Thomas Sam, The Six Mindsets for Solving Problems Under Uncertainty, https://www.samuelthomasdavies.com/the-six-mindsets-for-solving-problems-under-uncertainty/
[3] Dweck, Carol S., 2006, Mindset-The New Psychology of Success, Random House, Inc., New York.
[4] McLean, Robert and Charles Conn, 2023, The Imperfectionists – Strategic Mindsets for Uncertain Times, John Wiley & Sons, Inc., New Jersey.